Jumat, 27 November 2020,
SELAMAT DATANG DI PERPUSTAKAAN LOMBOK BARAT NUSA TENGGARA BARAT


LAYANAN SIRKULASI

Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Barat dibuka sesuai dengan jam kunjungan perpustakaan yaitu mulai jam 08.00 s/d 15.00 wita. Layanan ini diberikan hanya untuk yang sudah tercatat sebagai anggota perpustakaan daerah. Setiap transaksi pelayanan sirkulasi anggota perpustakaan dapat meminjam maksimal 2 buah buku dengan jangka waktu maksimal 14 hari. Adapun mengenai jenis koleksi buku dapat dilihat pada menu OPAC (Online Public Access Catalog) dari pengembangan terbaru program Aplikasi INLIS LITE versi 3.1 (Integrated Library System) tahun 2019.

LAYANAN REFERENSI

Perpustakaan Daerah Lombok Barat memberikan salah satu bentuk layanan berupa ruang layanan referensi dengan fasilitas ruang AC, meja study carell, fasilitas komputer dan Internet gratis,  sehingga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang ingin mencari/belajar buku-buku literatur karena buku-buku referensi yang  ada hanya dapat dibaca di tempat. Disamping itu untuk mempermudah pencarian buku-buku referensi dapat memanfaatkan fasilitas menu OPAC (Online Public Access Catalog) dari pengembangan terbaru program Aplikasi INLIS LITE versi 3.1 (Integrated Library System) tahun 2019.

LAYANAN INTERNET

  •       Layanan Hotspot

      Daerah Lombok Barat melengkapi fasilitas bagi pengunjung perpustakaan dengan wifi area yang dapat diakses secara gratis. Cukup dengan mendaftarkan diri sebagai anggota  perpustakaan pada petugas layanan sirkulasi di Front Office, maka pengunjung akan mendapatkan nommor KTA (Kartu tanda Anggota) yang akan menjadi user id dan password masuk. untuk dapat menikmati layanan ini dari jam 08.00 s/d 15.00. wita.

  •       Layanan Personal Computer (PC)

      Saat ini Perpustakaan Daerah Lombok Barat baru dapat menyediakan 6 buah PC yang dapat digunakan untuk belajar komputer dan internet yang terdapat di Lobby Front Office. Adapun prosedur penggunaannya cukup dengan mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan dan mengisi buku pelayanan internet. Karena keterbatasan PC dan banyaknya anggota perpustakaan yang memanfaatkan layanan ini, maka waktu yang diberikan untuk mengakses internet dilakukan secara bergantian dengan pengunjung lainnya.

LAYANAN KEANGGOTAAN

Bagi para pengunjung perpustakaan yang ingin meminjam buku-buku untuk dibawa pulang, perpustakaan juga memberikan pelayanan keanggotaan. Setiap pengunjung yang telah terdaftar menjadi anggota perpustakaan dapat meminjam buku untuk dibawa pulang sebanyak maksimal dua eksemplar dengan batas waktu peminjaman maksimal 14 hari / 2 minggu.

Adapun syarat pendaftaran menjadi anggota perpustakaan adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir Pendaftaran (formulir dapat diambil langsung ke Gedung Perpustakaan Daerah Jl. Raya BIL KM 21 Dusun Mendagi Desa Beleka kec. Gerung – Lombok Barat,  sebelah Tugu Lombok Barat Bangkit)
  • Bagi Masyarakat Umum di wilayah Kabupaten Lombok Barat menyerahkan fotocopy KTP/SIM yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.
  • Bagi Mahasiswa, Universitas di wilayah Kabupaten Lombok Barat menyertakan fotocopy KTM dan KTP/SIM yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.
  • Bagi Siswa/ Pelajar TK dan SD diharuskan mendapat rekomendasi dari orang tua.
  • Bagi Siswa/ Pelajar SMP dan SMA diharuskan mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah/Pengelola Perpustakaan Sekolah dan menyertakan fotocopy Kartu Pelajar sebanyak 1 lembar

Setelah menjadi anggota, fasilitas yang dapat diperoleh oleh anggota adalah sebagai berikut:

  1. Peminjaman buku sebanyak 2 eksemplar.
  2. Layanan belajar komputer dan internet gratis.
  3. Layanan Hotspot atau Wifi Area gratis.
  4. Layanan Perpustakaan Digital di Perpustakaan Daerah Lombok Barat.

LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING

Perpustakaan Daerah Lombok Barat memiliki 2 kendaraan roda 4 digunakan untuk kegiatan layanan perpustakaan keliling yang diperuntukkan bagi masyarakat desa/sekolah di wilayah Kabupaten Lombok Barat yang terdiri dari 10 kecamatan. Untuk pengaturan pelayanan perpustakaan keliling dilakukan dengan cara mengirimkan surat pemberitahuan terlebih dahulu yang melampirkan jadwal layanan perpustakaan keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lombok Barat ke desa masing-masing kecamatan tempat layanan perpustakaan keliling berlangsung agar mengumpulkan/menginformasikan kepada warganya yang ingin memanfaatkan layanan perpustakaan tersebut.

LAYANAN RUANG BACA ANAK

Dikembangkan di Perpustakaan Daerah Lombok Barat dalam upaya untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa. Dengan menyediakan ruang baca anak yang asyik dan nyaman diharapkan dapat menumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi.

Adapun syarat pendaftaran menjadi anggota perpustakaan adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir Pendaftaran (formulir dapat diambil langsung ke Gedung Perpustakaan Daerah Jl. Gatot Subroto Gerung – Lombok Barat,  sebelah utara Tugu Lombok Barat Bangkit)
  • Bagi Siswa/ Pelajar TK dan SD diharuskan mendapat rekomendasi dari orang tua dan menyertakan fotocopy KTP/SIM orang tua yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.

LAYANAN PEMBINAAN PERPUSTAKAAN

Penyebaran tempat perpustakaan desa di masing masing kecamatan ditentukan banyaknya Desa di masing – masing kecamatan tersebut dan perhatian aparatur Desa akan pentingnya perpustakaan untuk pengembangan dan kemajuan desanya serta peningkatan serta sumber daya Manusia Dalam pembangunan sarana dan prasarana gedung Kantor Desa jarang memperhatikan keberadaan Perpustakaan Desa baik Kantor Desa yang lama ataupun  pembangunan Kantor Desa yang baru. Hal ini terlihat dari masih kurangnya jumlah Ruang Baca Perpustakaan Desa di masing masing Desa di Kabupaten Lombok Barat.

Khasanah perpustakaan yang baik adalah di lihat dari banyak koleksi buku yang terdapat dalam masing – masing perpustakaan tersebut. Hal itu juga yang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah perpustakan dengan banyaknya koleksi buku yang ada dapat menunjang minat para pembaca untuk mengunjungi perpustakaan tersebut, Sehingga dengan melihat jumlah koleksi buku yang ada kita dapat mengetahui tingkat kunjungan ke perpustakaan tersebut, disamping itu juga Peran serta masyarakat dalam peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Lombok Barat terbilang kurang hal ini terlihat dari sedikitnya terdapat Taman Baca Masyarakat di masing- masing kecamatan dan bahkan ada kecamatan yang tidak mempunyai Taman Baca Masyarakat ( TBM ).

Untuk menunjang keberhasilan sebuah Perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca masyarakat, selain jumlah atau koleksi buku yang banyak dan memadai perlu juga di tunjang dengan judul buku yang di butuhkan masyarakat sehingga buku yang ada benar di rasakan manfaatnya.