Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Lombok Barat dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 41 tahun 2011 Tentang Rincian Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja.

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Lombok Barat mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang Perpustakaan dan Arsip Daerah. Untuk melaksanakan tugas tersebut Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Lombok Barat mempunyai fungsi antara lain menyelenggarakan pelayanan dokumen daerah, perpustakaan dan kelestarian bahan pustaka.

Dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan informasi bahan pustaka secara cepat, tepat dan profesional diharapkan dapat membangun manusia yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan untuk menjadikan manusia yang cerdas, terampil, bertanggung jawab, berkepribadian untuk mencapai tujuan yang diharapkan.